Selamat Datang

Silakan berselancar di blong Belajar Komunikasi ini, anda bisa memberikan saran, kritik ataupun komplain terhadap isi blong ini.

Selasa, 09 November 2010

DOSEN YANG CEROBOH

Saya sengaja memberi judul curhatan ini dengan "Dosen yang Ceroboh". Beberapa minggu yang lalu saya mengikuti kuliah manajemen, di pendengaran saya banyak kalimat yang terlontar dari mulut seorang yang mengaku dosen.tidak enak untuk di dengar. Semula saya berharap semoga ini hanya persepsi saya (mahasiswa Ilmu Komunikasi) yang salah, namun ternyata beberapa teman mahasiswa lain juga berkomentar hal yang senada dengan apa yang saya persepsikan.
Orang ini tampaknya belum menyadari kata-kata yang dilontarkan berdampak pada kreadibilitasnya sebagai seorang dosen. Bukankah orang-orang bijak sering bertutur bahwa ;
Kita boleh mengatakan apapun dengan cara apapun. Namun pada akhirnya, semua bicara kita akan bermuara pada kebenaran tentang siapa kita dan bagaimana perilaku kita. Untuk itu, kita selalu punya dua pilihan untuk tempat berdiri dan memandang
Apakah kita berdiri di sudut pandang banyak orang yang menyukai kita, karena tutur kata yang selalu membuat orang lain menjadi tenang, gembira dan selalu ingin berdialog dengan kita.
Ataukah kita memilih berdiri disudut menyendiri untuk memandang banyak orang dengan segala kekurangannya, tanpa pernah tahu orang lain itu juga punya kelebihan.

Untuk itu ada baiknya kita memahami aturan tak tertulis tentang berbicara :

1. Apapun sampaikan dengan sopan dan santun
2. Pahami dan waspadai dampaknya
3. Selalu pilih kata-kata positif
4. Jadilah yang dimengerti lalu mengertilah
5. Hindari terlalu banyak bicara
6. Hindari menggosip
7. Jangan mengintrupsi

"Berkomunikasi adalah untuk menciptakan sesuatu yang istimewa.."
Oleh sebab itu, janganlah kita yang jadi perusaknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar