Selamat Datang

Silakan berselancar di blong Belajar Komunikasi ini, anda bisa memberikan saran, kritik ataupun komplain terhadap isi blong ini.

Selasa, 09 November 2010

IHSAN

Secara sederhana ihsan bisa diartikan dengan mengerjakan sesuatu dengan baik. Ihsan termasuk golongan akhlak utama seorang muslim. Ihsan dalam bekerja, ihsan dalam bergaul, ihsan dalam berbicara dan masih banyak lagi ihsan-ihsan lainnya yang harus dilakukan dalam kehidupan kita.

Untuk menambah wawasan saya dan semoga juga bermanfaat buat yang membaca blog ini, mari kita baca ayat-ayat berikut dengan kalbu dan hiduplah bersamanya.

1. Allah menyuruh untuk berbuat adil, bersikap ihsan, dan memberi kepada kaum kerabat (Q.S. Al-Nahl:90)
2. Yaitu, mereka yang bisa menahan emosi, memafkan manusia, dan Allah senang kepada orang yang berbuat ihsan (Q.S. Al 'Imran:134)
3. Sesungguhnya kasih sayang Allah sangat dekat dengan orang-orang yang berbuat ihsan (Q.S. Al-A'raf:56)
4. Sabarlah! Allah tidak akan menyia-nyiakan pahala orang yang berbuat ihsan (Q.S. Hud:115)
5. Tidak ada balasan bagi yang berbuat ihsan kecuali ihsan (Q.S. al-Rahman:60)
6. Allah bersama dengan orang yang bertaqwa dan orang yang berbuat ihsan (Q.S. al-Nahl:128)

Masya Allah! begitu mulainya perbuatan ihsan, kuatkan hambaMu ini ya Allah tuk bisa mengamalkannya.
Walaupun di tengah corat-marut pudarnya akhlak di kalangan kita.
Di sana sini begitu gampangnya kita saksikan kekerasan penuh emosi, caci-maki, perkelahian antar pelajar/mahasiswa dan demontrasi yang dibumbui dengan pengrusakan merupakan trend yang menggelobal di masyarakat kita sekarang ini.

Yang lebih tragis lagi, melihat pribadi/golongan yang merasa memahami agama, tapi masya Allah tindakan yang dilakukan sangat bertentangan dengan ayat-ayat di atas.

Untuk itu saya ingin mengajak diri saya senndiri dan keluarga melaksanakan dan mengamalkan "IHSAN".
Hai... diriku berbuat ihsanlah dalam segala hal dalam hidupmu, sebagaimana Allah berbuat ihsan kepadamu.

Bentuk-Bentuk Ihsan dalam kehidupan sehari-hari :
1. Ihsan dalam ibadah; tunaikanlah sholat dengan sebaik-baiknya.
2. Ihsan kepada kedua orang tua; Bergegaslah, mulailah dari sekarang, tunjukkan beragam sikap baikmu kepada mereka. dalam tatapan mata (jangan menatap dengan tajam), dalam intonasi suara (jangan meninggikan suaramu dan jangan mengejek atau mengolok-olok) dan berikanlah senyum termanismu.
3. Ihsan kepada anak perempuan; sikap ihsan paling utama yang bisa kau tunjukkan pada anak perempuanmu atau saudara perempuanmu adalah menyertai mereka, mendengarkan mereka, dan mmeraih keepercayaan mereka, agar mereka terhindar dari bujuk rayu laki-laki zaman sekarang yang mengatasnamakan cinta dan persehabatan. Jangan bersikap kasar, berikanlah nasehat yang sopan dan baik kalau mereka berbuat kesalahan.
4. Ihsan dalam memberi salam............
sampai disini dulu nanti kita sambung lagi..........semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar